SELAMAT DATANG DIBLOG ferlionbernata.blogspot.com

Sabtu, Mei 07, 2011

KTT ASEAN 2011



07 Mei 2011 | 08:20 wib

Amankan KTT ASEAN, Tiga Satuan Keamanan Dikerahkan

Jakarta, CyberNews. Terkait pengamanan pelaksanaan KTT ke-18, Sabtu (7/5), tiga satuan pasukan pengamanan dikerahkan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres bertugas mengendalikan pengamanan Balai Sidang Jakarta, tempat pertemuan KTT dilaksanakan.
Kemudian dua pasukan pengamanan lain yakni Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kodam Jaya akan bertugas mengamankan kawasan sekitar Balai Sidang Jakarta serta rute rombongan pemimpin negara dan delegasi peserta KTT ASEAN dari lokasi akomodasi ke Balai Sidang Jakarta dan sebaliknya.
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar mengatakan, terkait dengan KTT ASEAN 2011, maka Polda Metro Jaya memberlakukan pengaturan arus lalu lintas, terutama di ruas jalan yang dilintasi rombongan pemimpin negara dan delegasi peserta KTT ASEAN.
"Sabtu mulai pukul 08.00 WIB akan diberlakukan penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas dari kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Kuningan menuju Balai Sidang Jakarta," ujarnya.
Ditambahkan, pengaturan lalu lintas itu diperkirakan berlangsung 20-30 menit saat rombongan kepala negara dan kepala pemerintahan serta delegasi peserta KTT ASEAN melintas.
Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 Association of South East Asia Nation (ASEAN) atau perhimpunan negara-negara di Asia tenggara hari ini resmi dibuka. Sepuluh pemimpin negara ASEAN (leader) dipastikan hadir dalam konferensi ini.

Indonesia selaku Ketua ASEAN menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan KTT ASEAN kali ini. KTT tersebut digelar di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jl Gatot Subroto, Jakarta Barat, dari tanggal 7-8 Mei 2010.

KTT ASEAN, yang akan membahas beberapa isu penting di kawasan ini, akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu (7/5/2011).

Opening ceremony akan dilakukan di Assembly Hall I-II Gedung JCC. Selain para pemimpin ASEAN, pembukaan KTT tersebut akan dihadiri oleh sejumlah menteri ASEAN, para delegasi, dan undangan.

Sejumlah pemimpin ASEAN telah tiba kemarin malam, antara lain PM Malaysia Tun Abdul Razak dan Sultan Brunei Darussalam Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah. Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung bahkan dikabarkan telah tiba lebih dulu di Jakarta.

Kesembilan pemimpin negara ASEAN dijadwalkan tiba di JCC secara beriringan tiap satu menit. Begitu masuk ke JCC, mereka akan berjalan menyusuri karpet merah dan lalu disambut Presiden SBY. Sebelum pembukaan berlangsung, seluruh leader itu terlebih dahulu diarahkan menuju holding room.

Sejauh ini sejumlah penyempurnaan terus dilakukan oleh panitia di area KTT. Hingga kemarin malam, berbagai pengaturan seperti panggung, fasilitas konferensi, dan dekorasi terus masih berjalan. Pengamana di lokasi pun makin ketat. Saat ini, kendali pengamanan KTT sudah berada di tangah TNI.

Ada tiga prioritas Indonesia sebagai ketua ASEAN yang ditargetkan tercapai dalam forum ini. Yaitu, pertama, memastikan adanya kemajuan yang signifikan dalam usaha pembentukan komunitas ASEAN tahun 2015. Kedua, memastikan kawasan Asia Tenggara tetap merupakan kawasan yang damai, tenteram, sehingga kondusif untuk pembangunan. Ketika, menggulirkan inisiatif ASEAN untuk lebih meningkatkan perannya terhadap penanganan isu-isu global.

Redaksi: redaksi[at]staff.detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Elin Ultantina di iklan[at]detiknews.com,
telepon 021-7941177 (ext.524).

Hari Pertama KTT ASEAN 3 Hal Penting akan Dibahas

Sabtu, 07/05/2011


ASEAN/IST
Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN mulai digelar Sabtu pagi di Balai Sidang Jakarta. Para kepala negara dan pemerintahan yang bernaung di bawah bendera Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah bersiap melaksanakan konferensi yang akan dibuka hari Sabtu.

Dalam konferensi kali ini, tiga agenda disiapkan Indonesia. Pertama, memastikan dan mengonsolidasi pencapaian Komunitas ASEAN 2015.


Kedua, memelihara kawasan yang aman dan stabil sehingga negara-negara di kawasan bisa melanjutkan pembangunan.


Ketiga, menjadikan ASEAN berperan aktif dalam pemecahan masalah-masalah global, suatu "komunitas ASEAN dalam komunitas global bangsa-bangsa".


Sebelum KTT ASEAN 2011 dimulai, telah digelar rangkaian pertemuan tingkat pejabat tinggi ASEAN atau pertemuan tingkat menteri ASEAN yang membahas beragam isu aktual yang sedang dihadapi ASEAN.


Beberapa isu yang juga dibahas seperti masalah sengketa Laut China Selatan, upaya perlindungan pekerja migran di lingkungan negara ASEAN, persiapan KTT pertama Asia Timur (East Asia Summit) pada November mendatang di Indonesia, dan lamaran Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN.


Sebelumnya, usai memimpin pertemuan Dewan Komunitas Politik dan Keamanan ASEAN, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto menyatakan, kali ini dibahas pula sejumlah isu, seperti kerja sama pertahanan, politik dan pengembangan demokrasi, isu keamanan maritim, pemberantasan terorisme, serta kawasan bebas nuklir.


KTT ke-18 ASEAN akan resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dilanjutkan dengan berbagai pertemuan informal para kepala negara dan kepala pemerintahan ASEAN dengan organisasi masyarakat sipil ASEAN, organisasi kepemudaan ASEAN dan parlemen ASEAN.


Rangkaian kegiatan hari pertama KTT ASEAN 2011 akan ditutup dengan jamuan makan malam oleh Presiden Yudhoyono bersama sembilan kepala negara serta kepala pemerintahan atau perwakilan pemerintah negara-negara ASEAN.


Persiapan Terkait pelaksanaan KTT ke-18 ASEAN Sabtu (7/5/2011), pengamanan di Balai Sidang Jakarta tempat pertemuan KTT dilaksanakan, dikendalikan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres.


Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kodam Jaya akan mengamankan kawasan sekitar Balai Sidang Jakarta serta rute rombongan pemimpin negara dan delegasi peserta KTT ASEAN dari lokasi akomodasi ke Balai Sidang Jakarta dan sebaliknya.(ty/at)

Berikut titik pengalihan arus dan jalan alternatifnya.

1. Dari Traffic Light (TL) Harmoni
a. Arus lalu lintas di Harmoni dialihkan ke arah Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Gunung Sahari-belok kanan-Senen
b. Pertigaan Pasar Baru-belok kanan-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan Merdeka Timur-TL Tugu Tani
c. Dari Harmoni memutar di Bina Graha-Jalan Veteran-Jalan Suryopranoto-Tomang-tol

2. Oteva
a. Jalan Merdeka Utara dialihkan menuju Abdul Muis ke arah Tanah Abang menelusuri ke Jalan Jati Baru dan tembus ke Jalan KS Tubun hingga Jalan Slipi.
b. Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Abdul Muis ke Jalan Tanah Abang, kemudian Jati Baru hingga ke Jalan Mas Mansyur tembus ke Jalan Casablanca ke Kuningan.

3. Bundaran Air Mancur.
a. Jalan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Merdeka Timur kemudian menuju Jalan Prapatan tembus ke simpang Senen.
b. Jalan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Prapatan ke arah Patung Tani kemudian Jalan Cut Mutia, Jalan Cokroaminoto menuju Kuningan.
c. Jalan Budi Kemuliaan dialihkan ke Jalan Abdul Muis menuju Tanah Abang tembus ke Jalan Mas Mansyur ke arah Casablanca ke Kuningan.

4. Kebon Sirih
a. Jalan Kebon Sirih dialihkan ke Jalan Patung Tani menuju Jalan Prapatan ke arah simpang Senen.
b. Jalan Kebon Sirih dialihkan ke Patung Tani menuju Jalan Teuku Umar menuju Jalan Madiun ke arah Manggarai.
c. Jalan Kebon Sirih dialihkan menuju kawasan Patung Tani ke arah Jalan Cut Meutia ke arah Jalan Sam Ratulangi kemudian tembus ke Jalan Cokroaminoto ke Kuningan.

5. Sarinah
a. Jalan Wahid Hasyim dialihkan ke lampu merah Cemara menuju Jalan Sam Ratulangi menuju Jalan Cokroaminoto menuju Kuningan.
b. Jalan Wahid Hasyim dialihkan ke Jalan Agus Salim menuju Jalan Yusuf Adinata ke arah Jalan Sam Ratulangi ke Jalan Cokroaminoto ke arah Kuningan.

6. Bundaran HI
a. Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan Sumenep ke arah Jalan Latuharhari menuju Manggarai ke Jalan Minangkabau ke arah Jalan Saharjo.
b Jalan Sutan Sahrir dialihkan ke Jalan Agus Salim ke Jalan Sabang menuju Jalan Kebon Sirih dan tembus ke Jalan Merdeka Timur.

7. Dukuh Atas
a. Jalan Sutan Agung dialihkan ke arah Manggarai menuju Jalan Minangkabau ke Jalan Saharjo.
b. Jalan Karet dialihkan ke lampu merah Karet Bivak menuju Pejompongan ke arah Slipi.

8. Kuningan
a. Jalan Mampang dialihkan ke Jalan Tendean menuju Jalan Monginsidi ke lampu merah CSW ke arah Sam Raja ke Pintu 1 menuju Jalan Asia Afrika ke Palmerah.
b. Jalan Rasuna Said dialihkan ke Jalan Casablanca lalu ke Jalan Mas Mansyur lurus ke Pejompongan lalu ke Slipi
c. Tol dalam kota

9. Tomang
a. Jalan Tomang Raya-Jalan Biak-Kesehatan-Harmoni
b. Tol dalam kota

10. Slipi
a. Pejompongan-Karet Bivak-Mas Mansyur-Casablanca-Saharjo
b. KS Tubun-Tanah Abang-Jati Baru-Mas Mansyur-Casablanca-Saharjo
c. Tol dalam kota

11. CSW
a. Jalan Trunojoyo-Jalan Gunawarman-Jalan Senopati-Jalan Sanjaya-Jalan Tendean
b. Jalan Kyai Maja-Hang Jebat-Jalan Sinabung-Jalan Pintu IX-Jalan Asia Afrika-Jalan Pejompongan-Jalan S. Parman
c. Jalan Sudirman jalur lambat-Jalan Pintu I-Jalan Asia Afrika-Jalan Pejompongan-Jalan S. Parman

Persiapan KTT ASEAN

Tidak ada komentar:

Entri Populer